Transmisi pada kendaraan berfungsi untuk mensinkronkan antara tenaga mesin dengan beban yang harus diangkat. Dengan bertambahnya kecepatan kendaraan, sebenarnya beban yang harus diatasi oleh mesin berkurang, sebab pada kendaraan tersebut telah muncul gaya lembam yang arahnya sama dengan arah yang diupayakan oleh mesin. Di samping itu, dengan bertambahnya rpm mesin berarti tenaga atau momen yang dihasilkan mesin akan bertambah. Sebaliknya saat kecepatan kendaraan berkurang, sebenarnya beban yang harus diatasi oleh mesin justru bertambah. Sebab gaya lembam kendaraan juga berkurang dengan berkurangnya kecepatan, dan momen yang dihasilkan mesin sendiri juga berkurang. Untuk mengatasi kondisi tersebut, dan agar mesin tetap mampu mengatasi beban yang ada, maka dipasanglah transmisi. Dengan demikian tarnsmisi dipergunakan untuk mengatur, keseimbangan momen antara mesin dengan beban kendaraan.

Transmisi yang dipergunakan pada kendaraan terdapat dua macam, yaitu transmisi biasa atau manual, dan transmisi otomatis. Keduanya ada yang tiga kecepatan, dan ada yang empat kecepatan, serta ada yang diembangkan sampai enam kecepatan. Semua itu sebenarnya sangat tergantung pada tenaga maksimum mesin dan beban masikmal kendaraan, serta rencana penggunaan kendaraan.

Pada transmisi manual, dipergunakan perlengkapan yang berfungsi untuk menyambung dan menyamakan putaran antara dua roda gigi yang akan disambungkan, yaitu shynchronizing clutch dan shynchronizing mesh. Perlengkapan ini menjadi satu unit, namun keduanya berfungsi berbeda, satu berfungsi menyamakan putaran antara kedua roda gigi yang akan disambungkan, dan yang satunya untuk menyambung dan memutuskan hubungan antar roda gigi. Kondisi keduanya akan menentukan fungsi transmisi, yaitu mevariasikan besarnya momen antara mesin sebagai sumber tenaga dan roda sebagai tumpuan beban kendaraan. Apabila kondisinya baik, maka perpindahan antara tingkat kecepatan yang satu dengan yang lainnya akan dapat dilakukan dengan halus dan mudah. Sebaliknya keausan terjadi pada keduanya, khususnya pada penyama putaran, yang paling mudah dikenali adalah kesulitan untuk memindah tingkat kecepatan.

Permasalahan yang lain sering terjadi pada transmisi, adalah slip out atau setelah antar gigi kecepatan disambungkan, terlepas kembali dengan sendirinya. Untuk mengatasi kondisi ini biasanya menahan handel transmisi. Tambahan tugas pengemudi ini akan sangat membahayakan, sebab mengurangi kemampuan mengemudi dan terpecahnya konsentrasi. Permasalahan ini dipengaruhi oleh, keausan roda gigi yang disambungkan, kerusakan bantalan transmisi, dan end play yang berlebihan. Apabila slip terjadi pada tingkat kecepatan tertinggi (sebelum overdrive), pada dasarnya disebabkan karena ketidak lurusan antara transmisi dengan mesin. Seperti diketahui, poros transmisi ujung depannya salah satu dtumpukan pada bantalan yang dipasang pada fly wheel. Sehingga ketidak lurusan antara mesin dan transmisi akan menyebabkan putaran poros yang bergoyang. kondisi ini akan menggoyahkan sambungan roda gigi.

 

Kunjungi juga link berikut :